profil

Profil Lulusan Program Studi Ilmu Teknik Sipil jenjang S3 UK Petra:

Program Studi Ilmu Teknik Sipil jenjang S3 UK Petra merupakan program akademik yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  • memiliki integritas tinggi sebagai ilmuwan;
  • bersikap terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan konsentrasi ilmunya;
  • menguasai teori dan ketrampilan yang diperlukan untuk mengadaptasi     dan melakukan pengembangan serta inovasi melalui kajian yang konsisten dengan konsentrasi ilmunya;
  • mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilannya secara mandiri  maupun dalam kerja sama lintas disiplin untuk memberi kontribusi pemecahan permasalahan masyarakat.

Persyaratan Calon Mahasiswa S3 Sipil

  • Lulus dari prodi Teknik jenjang S2 dari universitas dalam maupun luar  negri.
  • Konsentrasi Struktur dan Material Bangunan, harus lulusan prodi Teknik Sipil jenjang S1 dan prodi Teknik Sipil jenjang S2.
  • Konsentrasi Manajemen dan Teknologi Konstruksi harus lulusan prodi Teknik jenjang S1 dan prodi Teknik Sipil jenjang S2.
  • Mahasiswa yang bidang keilmuannya tidak linear diwajibkan untuk mengambil mata kuliah matrikulasi yang  disediakan oleh  prodi  sebanyak 6 sks pada  konsentrasi yang akan  ditempuh.
  • Apabila Konsentrasi prodi Teknik Sipil jenjang S2 bukan Struktur maupun Material Konstruksi, maka mahasiswa diwajibkan menempuh kurikulum matrikulasi sebanyak 2 Mata Kuliah (6 sks) di Program Studi Teknik Sipil jenjang S2 UK Petra, yaitu: Tall Building dan Earthquake Engineering.
  • Apabila Konsentrasi prodi Teknik Sipil jenjang S2 bukan Manajemen dan Teknologi Konstruksi, maka mahasiswa diwajibkan menempuh kurikulum matrikulasi sebanyak 2 Mata Kuliah (6 sks) di prodi Teknik Sipil jenjang S2 UK Petra, yaitu: Construction Management dan Building Construction Method & Technology.
  • Persyaratan  EPT/TOEFL minimum 500 juga diberikan kepada calon mahasiswa karena mayoritas bahan ajar akan diberikan dalam bahasa inggris, dan studi mandiri akan banyak mencari bahan pustaka dari jurnal internasional.
  • Persyaratan IPK lulusan prodi jenjang S1 minimal 3.00 dan IPK lulusan prodi jenjang S2 minimal 3.50 akan diterapkan dalam melakukan seleksi calon mahasiswa untuk memastikan kualitas masukkan yang baik.
    Track record yang telah dilakukan selama ini, yaitu
    • capaian dan pengalaman kerja yang telah dilakukan sejak lulus S1 dan S2
    • publikasi yang telah dilakukan, minimal pernah mempublikasi hasi penelitian pada tingkatan sarjana atau magister pada jurnal nasional atau konferensi nasional
    • topik penelitian yang akan dilakukan sudah jelas sesuai dengan  peta  penelitian yang dimiliki oleh prodi

Sarana dan Prasarana

Prodi Ilmu Teknik Sipil jenjang S3 UK Petra menerapkan metode student-centered learning dalam proses belajar mengajar. Dengan penerapan metode ini, maka peran dosen dalam program studi lebih dititikberatkan sebagai fasilitator dan bukan sebagai narasumber tunggal bagi mahasiswa. Sebaliknya, mahasiswa memegang peranan utama dalam studi mereka dengan penerapan metode eksplorasi, diskusi, problem base learning, sedangkan perkuliahan hanya diberikan dengan tujuan untuk tambahan pengetahuan dan mengarahkan ketajaman pembahasan rencana topik Disertasi.

Mahasiswa  S3  disediakan ruangan di  dalam  kampus,  yang difungsikan sebagai  ruang studi  dan ruang pertemuan dengan promotor, dan ko-promotor. Mahasiswa diharapkan berkantor dalam kampus secara full-time untuk meningkatkan suasana diskusi dan menunjukkan progres penelitian dengan nyata. Seperti yang telah dilakukan pada prodi S2 teknik sipil, dimana mahasiswa S2 bekerja sama dalam penelitian dengan mahasiswa S1, pada prodi S3 ini, bidang-bidang penelitian akan disatukan dengan mahasiswa S2 dan S1, dimana mahasiswa S3 ini juga akan bertanggung jawab untuk membantu pembimbingan mahasiswa pada tingkatan yang lebih rendah dalam penelitian yang sama topiknya, tentunya dengan kedalaman penelitian yang berbeda yang disesuaikan dengan tingkatan studi.

 

Prosedur seleksi masuk mahasiswa sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa menyerahkan berkas pendaftaran lengkap yang terdiri
    1. Formulir pendaftaran
    2. Fotokopi masing-masing 2 lembar KTP, KK, akte kelahiran, dan 4  lembar pasfoto terbaru 3x4
    3. Fotokopi maing-masing 2 lembar ijazah dan transkrip nilai program sarjana S1 dan program magister S2
    4. CV akademik (termasuk daftar publikasi ilmiah)
    5. Proposal rencana penelitian dan usulan promotor
    6. Surat rekomendasi dari dua orang akademisi atau praktisi yang dikenal masyarakat luas.
    7. Jika calon mahasiswa menerima beasiswa dari instansi, maka perlu surat penugasan dari instansi pemberi beasiswa dan surat komitmen bebas tugas selama masa studi.
  2. Petugas administrasi program studi Ilmu Teknik Sipil jenjang S3 mengecek kelengkapan dan keaslian berkas  pendaftaran calon mahasiswa.
  3. Calon mahasiswa mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) Bappenas, EPT/TOEFL dan melakukan presentasi proposal rencana penelitian dan wawancara dengan Komite Dosen Prodi Ilmu Teknik Sipil jenjang S3, termasuk Kaprodi program studi Ilmu Teknik Sipil jenjang S3.
  4. Penerimaan mahasiswa baru berdasarkan pertimbangan:
    1. Akreditasi dan reputasi universitas asal calon mahasiswa baik untuk tingkat sarjana maupun magister
    2. Indeks prestasi dan transkrip nilai sarjana dan magister
    3. Proposal rencana penelitian dan rekam jejak penelitian calon mahasiswa
    4. Hasil wawancara
    5. Hasil TPA dan TOEFL
    6. Surat rekomendasi